TIPS: Kado Untuk Newborn (and Mama Also)

8:13 AM

Kadang kalau kita belum pernah hamil atau tidak punya teman dekat atau saudara yang pernah hamil biasanya bingung mau kasih kado apa untuk teman atau saudara yang baru melahirkan. Saya juga seperti itu dulu waktu sahabat dekat saya melahirkan, karena biasanya saya ngga pernah beli kado untuk bayi atau ibu melahirkan. Waktu itu jadinya saya belinya asal aja, yang paling banyak di rekomendasikan di google waktu itu (yep, saya sampai gugling dulu jenis kado apa untuk newborn). Padahal sebenernya yang saya kadoin itu ngga terlalu berguna juga, dan biasanya banyak sekali yang kasih juga ke dia. Here's tips untuk memberi kado pada newborn dan ibu baru melahirkan yang biasanya pasti dipakai.

Untuk GROUP (Yang patungan se geng/Kado dari divisi kantor)
Biasanya kalau patungan bisa lah beli yang agak fancy sedikit. Kalau sudah kenal dengan si Ibu malah ada enaknya langsung aja tanya pengennya apa, biar ga kedobelan ngasihnya. Tapi kalau mau surprise dan males nanya mungkin beberapa barang dibawah ini bisa dijadikan pilihan.

1. Stroller
Biasanya stroller jadi barang wajib di list new mom. Tapi kadang ada juga yang sengaja ngga beli karena nunggu kado (kayak saya hahaha). Stroller biasanya dipake banget Alhamdulilah. Kalau dana nya lebih bisa dibelikan yang merk nya lumayan dan yang ringan. Karena biasanya yang merk nya bagus agak mahal, kan mamah baru keperluannya banyak jadi ngga selalu bisa beli yang mahal. Merk Babyelle, Bravo, Peg Peregro, Pliko bisa jadi pilihan


2. Carseat
Di Indonesia sekarang buibunya sudah mulai aware kalau carseat itu sepenting bawa stroller. Karena memang lebih aman untuk si bayi, juga biar mengajarkan disiplin dari dini. Beli Carseat yang double facing (meskipun menurut pakar yang paling aman adalah rear facing daripada front facing). Carseat yang bisa dipakai dari newborn sampai toddler juga boleh. Merk Graco, Britax, Chico bisa jadi pilihan.


3. High Chair / Booster Seat
Ini investasi jangka panjang untuk si Ibu dan Anak. Karena high chair kepakainya 6 bulan keatas. Jadi lumayan kan mengurangi beban ibu buat nyicil peralatan makan si bocah. Beli yang tidak terlalu lebar agar tidak makan tempat di rumah.



4. Baby Carrier
Baby carrier yang bagus dan asli harganya lumayan lho. Pilih yang aman dan sesuai metode gendongan M-shape ya, bisa dibaca disini. Pilihan carrier bisa yang sling, sleep wrap atau SSC (soft structure Carrier), kalau saya sih favorit SSC! (Merk: Ergo, I-angel, Boba, CuddleMe)


5. Voucher Staycation
Karena new mom butuh get out from house once a while. Mungkin ngga langsung keluar kota juga sih, bisa hotel dalam kota yang fasilitasnya oke atau dekat dengan pusat keramaian. Hanya staycation waktu weekend bisa bikin fresh new parents.

6. Breast Pump
Kalau si Ibu belum beli BP, bisa lho kadoin BP untuk dia. Meskipun IRT yang full di rumah, tetap butuh sedia BP di rumah. Karena tidak hanya untuk stock ASIP saja, tapi juga bisa digunakan untuk mengosongkan PD. (Merk : Madela, Spectra, Pigeon, Unimom)

7. Playmat
Playmat yang bagus dan tebal seperti ini bisa dijadikan kado juga lho. Persiapan saat si bayi mulai tummy time atau mulai merangkak.


Untuk Individu
Kalau individu pilihannya lebih banyak karena printilan bayi itu buanyaaak, jadi ngga ada kata kebanyakan haha

1. Baju
Belinya jangan ukuran newborn ya, karena bayi newborn nya cepet besarnya sekedipan doang. Bisa pilih ukuran untuk 6 bulan keatas biar kepakainya agak lamaan. Baju-baju yang lucu-lucu bisa dijadikan pilihan, macem dibawah ini. Buat foto-foto bulanan kan oke.

2. Popok Sekali Pakai
Jangan salah, ortu baru lebih butuh ini banget daripada baju-baju (karena biasanya sudah banyak yang kasih). Pospak sekali pakai ini tiap bulannya ngambil 10% dari gaji bulanan ortunya hahaha. Jadi, they'll thanks to you if you give them dozen of these.

3. Mainan
Pilih mainan yang edukatif. Bisa teether (untuk nanti si bayi < 3 bulan), flash card, rattle ataupun boneka.


4. Alat-alat MPASI
Meskipun baru dipakai waktu 6 bulan, tapi alat-alat MPASI juga ngga kalah pentingnya. Bisa alat makan, slow cooker, ataupun alat-alat penghancur makanannya.

5. Diaper Bag
Biasanya diaper bag bentuknya sling. I personally dont like it karena pundak pegal sebelah. I love diaper backpack yang warnanya masih kece kalau bapaknya yang bawa.



6. Personalized New-Mom Survival Kit
Saya pertama kali lihat ini waktu browsing di Pinterest. Unik ya satu jar isinya personal untuk si ibu.



7. Breastfeeding Friendly Clothes
Karena ibunya juga butuh baju baru. Apalagi yang sedang menyusui, butuh baju-baju yang breastfeeding friendly lumayan banyak. Karena buibu baru bosan pakai daster hihihi

8. Skin Care or Makeup
Meskipun ibu baru bakal jarang sekali bisa bersolek atau merawat diri, tidak ada salahnya kasih kado newest happening skin care atau makeup untuk Ibu. Because we need to look pretty too.

9. Package of Essentials Oil
Selain untuk relaksasi, tetapi essentials oil juga bisa jadi first aid kit jika si bayi flu atau digigit serangga. Daripada pakai obat, essentials oil lumayan ampuh juga mengobati flu pada bayi dan ibu.


10. Buku
Sekarang banyak sekali buku-buku anak-anak yang super fun dan edukatif. Pop-up book seperti dibawah ini jadi inceran saya sampai sekarang. Kemarin ngelist di wishlist tapi kagak ada yang kasih (ngarep).


Semoga tips diatas bisa membantu mau kadoin apa buat newborn dan ibunya. Oiya, kalau si ibu punya anak yang lebih besar bisa lho kasih hadiah juga buat si Kakak. Bisa Buku, mainan ataupun makanan. Just to make sure they're loved too :)

All the pictures above are not mine.

Love,
Szasa

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Instagram

Pinterest

Subscribe