Tes SKD CPNS Bandung 2018 (Saat Hamil!)

2:51 PM

Sebenernya saya malu buat nulis tentang ini ahahahaha soalnya ngga ada foto sama sekali dan memang masih awal banget belum tahu lulus atau nggaknya. Tapi daripada lupa jadi saya tulis duluan saja ya. Kalau lulus Alhamdulilah kalau ngga ya belum rejeki. Rejekinya memang dirumah ngurus bocah-bocah saja. Mungkin rejekinya diganti lewat suami aaamiiin yang kenceng.

Waktu ada isu-isu pendaftaran CPNS besar-besaran di seluruh daerah Indonesia, suami sudah mulai woro-woro ke saya untuk siap-siap daftar. Karena saya memang pernah bilang pengen ngantor lagi. Tapi ngga selalu harus jadi PNS sih, mungkin dipikiran suami kalau PNS lebih santai kerjaannya. Padahal saya lihat mertua dan kakak ipar saya yang PNS kerjaannya suibuk banget juga. Jadi trademark PNS kerjanya santai itu sudah tak berlaku di jaman sekarang. Ya coba sajalah sapa tahu rejekinya disitu. Saya belum mulai siap apa-apa sih lha wong pengumuman resminya juga belum ada.

Ternyata beneran dibuka dong pendaftaran CPNS di semua daerah. Saya ngincer di kota Bandung saja. Untuk jurusan saya sayangnya pilihan instansi dan jabatannya sedikit, jadi kenceng-kencengan doa deh kalau mau lulus. Agak pesimis lulus tahap administrasi karena saya sudah hamil waktu itu. Tapi eh Alhamdulilah ngga ada larangan ibu hamil daftar ternyata. Alhamdulilah administrasi lolos dan menunggu jadwal Tes SKD.

Saya dapat jadwal di Tanggal 6 November tempatnya di Sport Jabar Arcamanik Bandung. Dekat sekali sama rumah hihih cuma 10 menit juga nyampe. Pas hari H saya beneran jadi males banget mau ikutan tes. Banyak alesan sih benernya. Pertama karena saya hamil, saya mikirnya ngapain tes lama-lama lha abis ini lahiran trus cuti 3 bulan, masa boleh baru masuk eh minta cuti lagi. Ternyata pas saya googling banyak banget bumil-bumil yang ikutan tes. Kedua, saya ngga punya sepatu item. Ada sih nemunya heels tinggi gitu. Suami saya udah bilang jangan dipake karena pasti pegel banget. Pas paginya ealah ternyata nemu sepatu flatshoes lama saya yang warna hitam. Saya kira udah dibuang, ternyata debuan di rak sepatu karena ngga pernah dipakai hihihi. Ketiga, it's not my passion!!! wkwkwwk. Yang ini agak selfish memang. Saya pengennya ngantor macem di kantor lama saya dulu pas di Jakarta. Sibuk dan banyak deadline sih tapi saya nyaman sekali disana. Saya pengennya kalau ngantor lagi masih nyerempet dengan kerjaan saya dahulu. 

Pagi pas hari H saya udah bilang sama suami ngga mau dateng tes. Saya tiduran saja dikasur sambil main hape. Sama suami ditarik-tarik disuruh mandi dan siap-siap. Katanya ikhtiar dulu, dicoba dulu, kalau ngga lulus yaudah. Suami sampai ijin ngantor siang karena biar saya bisa tes dulu. Saya harusnya sudah di tempat jam 8 pagi. Tapi jam 7 saya masih belum siap-siap. Saya masih sempet masak sarapan dulu, nyuapin bocahnya dulu, nyusuin bocahnya dulu hahahah. Jam 8 kurang saya baru mandi dan siap-siap. Karena bocahnya tidur saya berangkat ke GOR naek ojek online deh.

10 menit kemudian sampai GOR Arcamanik. Di gerbang depan banyak sekali yang lagi jualan kostum untuk tes CPNS. Kali aja ada yang salah kostum atau memang ngga punya kostum yang sesuai peraturan. Oiya untuk yang sedang tes diwajibkan datang 2 jam sebelum jam tesnya. Saya kedapatan tes jam 10 pagi jadi jam 8 sudah harus disana untuk daftar ulang dan verifikasi peserta. Saya langsung kearah gerombolan yang akan checkin peserta. Untuk Ibu Hamil didahulukan lho untuk verifikasinya. Langsung disuruh kedepan meja panitia, ngga pakai antri dahulu. Saya langsung saja checkin peserta di meja panitia dan langsung disuruh ke tempat penitipan barang. Untuk yang tes disarankan minimalisir niti-nitip barang. Bagusnya dateng kesana cuma bawa diri saja sama kartu peserta plus EKTP. Perhiasaan apapun cincin, kalung, gelang, bros harus dilepas. Tapi peniti dan jarum pentul untuk jilbab masih gapapa kok. Ngga enaknya karena tas dan semua barang dititipkan di awal jadinya saya matgay pas nungguin tesnya hihihi. 

Setelah titip tas, para peserta di cek badan dahulu oleh panitia. Benar-benar ketat tidak boleh bawa barang apapun kecuali kartu peserta dan EKTP. Setelah lolos cek badan saya ke bagian verifikasi berkas. Disitu kita diberi nomor Pin Peserta untuk Login di CAD (Computer Assisted Test), nomor server dan Tanda tangan kehadiran. Setelah selesai semua kami disuruh menunggu di ruang tunggu. Pas di ruang tunggu bener-bener mati gaya. Karena saya ngantuk banget dan bingung mau ngapain kecuali celingukan melihat peserta yang baru datang. Menunggu semua peserta selesai verifikasi sampai jam 9.45. Lalu kami diintruksikan untuk naik ke lantai 2 ke tempat tesnya. Untuk Bumil didahulukan lagi lho masuk ke ruangannya. Di dalam ruangan kami bebas memilih mau duduk dimana saja. Di meja sudah ada pensil dan kertas buram untuk coret-coret. Kertas buramnya tidak boleh keluar dari ruangan tes. Jadi harus langsung dibuang ketempat sampah di dekat pintu keluar ketika tes selesai.

Tes SKD sendiri lamanya 90 menit. Ada 3 macam tes yaitu TWK (Tes Wawasan Kewarganeraan), TIU (Tes Intelegensia Umum), dan TKD (Tes Kopetensi Dasar). Untuk passing grade TWK adalah 80, TIU 75 dan TKD 143. Setelah menngerjakan semua soal dan menutup aplikasi, nilai kita akan langsung keluar. Jadi bisa dilihat lulus nggaknya hahahaha. Tapi kata twitter BKPP Bandung untuk lulus tidaknya akan diumumkan nanti via web BKPP. Jadi yang mungkin belum lulus passing grade masih bisa berdoa hihihi. Kalau saya? RAHASIA LAH! Kalau mau lihat nilai juga bisa di GOR Arcamanik. Ditempel di papan pengumuman gitu kata panitianya.

Setelah selesai tes untuk peserta yang tidak menitipkan barang bisa langsung pulang. Untuk peserta yang menitipkan barang harus antri lagi untuk ambil barang. Lagi-lagi Bumil, busui dan yang sedang sakit diperbolehkan antri didepan, Alhamdulilah. Setelah saya ambil barang langsung deh telpon suami minta jemput. Ternyata Suami sudah di GOR sama bocahnya. Yasudah deh langsung pulang kita, eh ngga deng minta makan dulu saya. Laper banget perut karena otaknya dibuat mikir soal-soal hihihi. Udah lama ngga ikutan tes-tes macem gini otakku lelah.

Enaknya tes CPNS ini semua panitia sangat-sangat helpful sekali. Jadi peserta ngga lost bingung harus gimana dan kemana. Semua sudah ada jalurnya. Untuk Bumil dan Busui juga ngga perlu cemas karena diprioritaskan kok. Pas di ruang tunggu juga disediakan air minum untuk peserta. Ada pengarahan juga dari panitia bagaimana cara login di CAD dan mengisi CAD yang benar. Tes CPNS kali ini juga sudah sistem online jadi ngga perlu bawa-bawa berkas berlembar-lembar. Cukup EKTP dan kartu peserta saja. Saya baru tahu juga kalau tiap sesi tes hari ini semuanya perempuan. Mungkin memang di set seperti itu ya. Peserta laki-laki dan perempuan dipisah hari tesnya.

Semoga post ini bermanfaat untuk yang akan tes CPNS taun ini ataupun tahun-tahun nanti pas ada bukaan lagi. Goodluck!!

Love,
Szasa


You Might Also Like

0 comments