Unexpected Gift

6:41 PM

Yes, it's an announcement post. There's baby in the bun a.k.a baby number 2. Will be launching early march next year. Surprisingly it was unexpected because of lots reasons which i will explain here hihihihi.



Awalnya kehamilan kedua ini memang bener-bener diluar rencana, mungkin bisa dibilang kebobolan juga. Saya ngga pakai KB sih emang, cuma mengandalkan tanggalan aja. Tapi ya setelah melahirkan jadwal mens saya ngga beraturan durasinya. Siklusnya sampai 40 harian lebih, jadi kadang tiap bulan pun ngga pasti dapet. Mungkin karena itu, mengandalkan tanggalan ngga tokcer juga ahahaha akhirnya bobol juga di usia Dzaka 18 bulan. Jadiiii, ibu ibu muda kalau mau KB, ber KB lah hihihi.


Kalau melihat aplikasi menstruasi saya, bulan Juni memang saya ngga akan mens, karena siklus 40 harinya akan jatuh di bulan Juli. Jadi santailah saya pas bulan Juni ngga datang bulan. Bulan Juli yang seharusnya saya datang bulan, kok ya belum juga. Sampai telat 10 hari. Saya bilang ke suami kalau telat datang bulan. Tapi karena saya memang sering banget telat begitu, sedari sebelum nikah malah, jadi ya suami dan saya tenang aja. Menjelang telat 2 minggu lebih mulai was-was. Takut ada apa-apa di rahim saya. Karena dulu pas cek hamil Dzaka, ada kista di rahim saya. Kata Obgyn nya nggapapa karena kecil dan tidak ganas. Mungkin karena pola makan saja, jadi bisa hilang sendiri. Nah saya mikir apa kista nya membesar karena pola makan saya agak ga karuan setelah melahirkan ini.


Tiba-tiba saya merasa mual, perut begah seperti banyak angin. Kalau pernah hamil pasti ngerti deh begahnya. Beda antara begah karena maag dan begah hamil. Disitu saya mulai curiga deh, apa jangan-jangan "isi" ya. Saya coba denial dengan minum obat maag dulu. Kali aja memang maag saya kambuh kan. Tapi mual dan begahnya masih bertahan sampai beberapa hari. Mulai deh saya sounding ke suami "beli testpack aja wes". Suami ketawa masih denial juga, jadi kami selama semingguan maju mundur mau beli testpack atau ngga. Kata suami nunggu akhir bulan aja deh, begahnya mau dapet kali, katanya begitu. Yasudah, saya nurut dulu saja.


Pas lagi ke rumah mertua, saya mulai menurun napsu makannya. Mulai pilih-pilih makan. Lalu kami keluar sebentar buat cari ikan bakar saja. Kok ya ndilalah kepengen susu jahe yang tempat jualannya di depan apotek. Saya minta buat beli testpack sekalian, toh tinggal masuk aja, effortnya ngga banyak. Belilah kami 1 testpack. Pulang ke rumah mertua, testpack nya kami sembunyiin dulu biar ngga membuat heboh sebelum waktunya.


Saya cek besok subuhnya, kan katanya paling bagus ngecek pas pipis pertama setelah bangun tidur. Karena kadar Hcg nya paling tinggi belum kecampur minum atau makanan apapun. Sambil nunggu hasil, saya wudhu dulu. Ngga mau lihat testpack nya dulu, ada rasa takut kecewa dan takut beneran hamil wkwkwk, seperti mau dan ngga mau hamil lagi. Pas dilirik, STRIP DUA, POSITIF HAMIL. Saya langsung senyum dan ketawa ngga percaya. Berbisik Alhamdulilah tapi masih agak denial, kok bisa hahahaha.


Saya bawa hasil testpacknya keluar kamar mandi. Saya geletakin aja depan tivi karena saya mau subuhan dulu. Sengaja ngga bangunin suami, biar agak surprise gitu. Setelah saya subuhan, baru bangunin suami buat subuhan. Saya langsung tiduran lagi di kasur. Setengah sadar suami liat hasil testpacknya, lalu bilang ke saya "negative buk?". Laah, saya sampe bingung, iki yang salah baca saya opo suami?? Saya langsung bangun takut beneran saya yang ternyata siwer matanya. Beneran garis dua kok! "Lho iki garis dua gitu lho papaaah, positiiip". "Sungguan?? Hamil lagi??? Alhamdulilaaah" kata suami sambil meluk saya. Dasar si suami, membuatku bangun dari gegoleran di kasur. Kami ngga memberi tahu keluarga dulu karena mau bener-bener memastikan ini beneran hamil. Karena hari itu hari Minggu, ngga ada obgyn buka, kami nunggu besokannya buat cek ke dokter.


Maunya sih dokter yang sama di Borromeus, tapi telpon pendaftaran di Boromeus ngga ada yang angkat dari kemarinnya. Dan ternyata juga jadwal Dr Elise adanya sore, kami maunya pagi aja jadi suami bisa ijin setengah hari. Kami coba ke Al Islam dan ternyata dokter pagi ada Dokter Tia, yaudah gapapa random aja kan cuma buat mastiin hamil atau ngga. Setelah nunggu sejam, kami dipanggil ke ruang periksa. Kalau menurut mens terakhir, usia kehamilan saya sudah 10 week, iya jalan 3 bulan. Tapi kalau di USG kehamilan saya di 8week. Sudah ada janin di dalam rahim saya, sudah punya detak jantung juga. Subhanallah, maap ya bayiii ibuk ngga ngeh kalau sudah ada di perut ibuk selama ini. Padahal ibuk makannya ga karuan banget. Setelah periksa, saya diberi asam folat dan kalsium seperti biasa. Alhamdulilah, pregnancy confirmed. Baru deh kami kasih kabar ke keluarga besar.


Gimana Dzaka? Karena bocahnya belom ngerti kalau mau jadi kakak, yasudah doi ngga gimana-gimana juga. Alhamdulilah masih boleh menyusui karena memang saya ngga ada keluhan selama nyusuin Dzaka. Janinnya juga sehat jadi masih boleh diteruskan menyusui sampai hamil besar nanti. Yang penting nutrisi untuk Ibu, bayi dan Dzaka terpenuhi. Kalau nanti pas di cek lagi janinnya kurang nutrisi, mau ngga mau harus stop ASInya. Jadi harus mulai pelan-pelan disapih Dzakanya.



It breaks my heart seeing my baby boy harus disapih lebih awal. Karena saya memang pingin nanti pas 2 tahun saja baru disapih. Karena memang Dzaka nen nya kuat banget. Bisa sejam sekali minta nyusu, tidur pun harus nyusu dulu, malam juga masih kebangun beberapa kali nyari nen. Masih agak puyeng juga ini gimana cara menyapihnya. Dzaka belum pernah dikasih minum susu via botol, pernah sih 3 hari doang pas di RS gara-gara kuning, tapi itu pas dia masih newborn banget. Sekarang sudah dikenalkan sufor dan UHT. So far lebih suka UHT anaknya. Gapapa buat pengganti ASI biar nanti ngga kaget kalau terpaksa harus berhenti nyusu ke saya. InsyaAllah kuat ya saya dan bayi nyusuin Dzaka, dan Dzaka ngga drama pas lepas nen dari saya, Bismillah.


Kehamilan kedua ini memang agak kaget, karena sebenernya ngga direncanakan. Kami pengennya program hamil setelah Dzaka disapih, biar ga kepikiran nyusuin Dzaka dan hamil. Tapi ternyata Allah kasih rezeki duluan, kami diberi amanah 1 anak lagi. Tapi jadi ngerti pattern kalau saya hamil. Pasti jadi bobo terus dan kepingin eskrim cone. Iya, eskrim pakai cone. Eskrim mekdi boleh, baskin juga oke, pinggir jalan pun ayo. Yang penting eskrim cone corongan yang bisa dimam cone nya. Dan saya jadi super lelah, malas dan ngantuk mulu. Liat aja rumah saya macem kapal pecah karena saya muales sekali setrika dan beberes hihihi.


Sekarang usia kandungan sudah masuk trimester 2 di 14 minggu. Doanya sekarang Insya Allah semua sehat, ngga banyak drama dan lancar sampai lahiran Aamiiin. Semoga Dzaka sayang sama adeknya, saya bisa adil kasih perhatian kedua bocah ini dan perhatian ke Bapaknya. Oiya, saya pun udah demand ke suami, setelah lahiran nanti, saya mau me time seminggu sekali, nggamau tau hahahaha.


Bismillah semua lancar dan sehat.


Love,
Szasa

You Might Also Like

0 comments