Wedding Series - Venue

11:29 AM

Karena belum ke tempat kekinian, mari kita bahas tentang acara nikahan saya yang 2 tahun lalu hihihi. Udah basi ngga sih, sampai sudah berpiyik satu masih weh bahas nikahan. Tapi karena masih banyak yang nanya, dan saya nya lupaan plus biar ada cerita buat nak kanakku nanti, jadi ditulis aja ya biar ada yang di post (ciyan). Yang pertama dibahas adalah Venue.

Venue impian saya sebenernya pengennya outdoor atau barn sekalian, di hutan atau di taman yang luas kalau bisa. Tapi Indonesia musimnya masih ngeri ya bulan-bulan Maret itu. Kalau hujan kan ngga lucu. Disini juga belum ada Barn yang bisa disewakan, yakali saya kudu bersihin kandang sapi dulu hihih. Kalau dari Pinterest semacam begini venue yang dipengen.





Setelah dilamar, saya langsung gerilya cari venue-venue di Surabaya yang sekiranya masuk budget, bisa untuk intimate dan interiornya bagus. Saya sengaja nge skip ballroom atau hall karena memang ngga masuk ke tema nikahan.  Kalau di Surabaya agak susah ya cari tempat buat nikahan tapi ngga terlalu "internasional", semacam Plataran di Jakarta atau Kembang Goela. Takut makanannya ngga halal haha cetek banget alasannya.

Saya cari restoran-restoran lucu di Surabaya yang makanannya enak dan halal, interiornya bagus, dan muat untuk 200an orang. Saya kumpulin semua list-list restoran di Surabaya yang biasa dipakai untuk wedding, engagement ataupun ulang tahun. Tapi sayaaang sekali list nya ilang hiks, padahal lengkap harga dan per paketnya dapat apa aja.

Di Surabaya bisa cek-cek resto-resto (bukan resto dalam hotel) yang bisa disewa untuk special occasion.
- Boncafe 
- Restoran Mahameru (Sudah sering dibuat wedding)
- Agis Restaurant
- Kahyangan Resto (Saya sukaaa sekali sama tempatnya tapi apa daya Ibu saya ngga suka dan ngga masuk budget)
- Surabaya Country (kejauhan sama rumah)
- Bima Resto
- New Royal Resto
- Nur Pacific
- Palacio
- De Soematra

Restoran di Dalam Hotel
- Trimurti Restauran, Mercure Hotel (Nanti aku review di bawah ya)
- Harris Pop Hotel (mereka ada restaurant yang bisa di sewa dan sering ada promo-promo)
Dharmawangsa Restaurant di Hotel Singgasana (Kuingin ini tapi kapasitasnya ga memungkinkan cuma +-100 orang)
- Lan Hua di Mercure Hotel (Resto ini lebih ke chinese food)
- Resto di Ciputra Golf (Ngga nanya soalnya feeling ngga enak di harganya ahahaha)
- The Crown Prince Hotel (Pernah lunch disini, makanannya lumayan tapi tempatnya ngga memungkingkan untuk 200 orang)
- Restauran-restauran di Hotel bintang 5 (you know lah, tak masuk budjet)

Rumah Pesta / Kebun
Saya juga cari beberapa rumah pesta di Surabaya yang bagus-bagus dan tempatnya bisa untuk intimate.
- The Queen Rumah Pesta (Mereka paketannya lengkap se WO-WO nya, buat yang ngga mau ribet bisa nih)
- Kaliandra (Kalau saya ngga inget ini tempatnya di luar kota pasti teken kontrak sama mereka. Bagus bagus bagus banget nget nget nget. Buat anak aku aja ya aamin) 
- Hutan Raya Purwodadi (sewanya murah tapi kudiingatkan "kamar mandinya gampang ngga?" oiya bener juga di Hutan kagak ada tempat ganti)

Setelah saya ngider di dunia maya, iya bener saya ngga sempet survey tempat 1-1. Semua dilakukan by phone dan by email. Soalnya saya nya di masih di Jakarta toh. Ortu saya pun baru gerak bantuin cari venue pas saya mulai desperate. Ortu saya dari awal sih udah sreg sama Trimurti Resto nya Mercure hotel. Tempatnya di tengah kota, tapi bukan biang macet. Hotelnya sudah terkenal jadi pasti makanan dan servis oke lah ya. Yang penting mas marketingnya temen Ayah jadi bisa dapet promo menarik horeee!





Teman kuliah saya juga ada yang mengadakan resepsi di Trimurti dan punya konsep yang hampir sama seperti yang saya mau. Jadilah saya cari-cari info ke dia juga. Ini paketan waktu tahun 2016 ya, dan mas marketingnya pun udah cao dari Hotelnya ahahaha jadi kalau paketan sekarang saya kurang ngerti. Mana si Trimurti ini mulai happening buat wedding.

Package dari Trimurti Restaurant :
• Buffet dinner special menu by Trimurti restaurant
• Room usage maximum 6 (six) hours

Above price is also including :
• Seat and table arrangement
• Free parking
• Free valet
• Complimentary 1 room Executive Suite
• Additional Sound system IDR 1.000.000,-nett

ACCOMODATION :
Above price is also including :
• 1 (one) or 2 (two) breakfast combine with in house guest
• Our facilities (Swimming pool, Sauna, Fitnes Centre)
• Wifi all area (Room, Cafe and Restaurant)

Mohon diingat itu paketan waktu tahun 2016, jadi bisa di kroscek lagi sama pihak Trimutri nya yaa. Nah, sekarang akan kujabarkan plus dan minus nya ya :

+ PLUS
- Karena Hotel, tempat dandan dan tempat istirahat ya di 1 tempat. Tak perlu mondar-mandir jemput-jemputan. Jadi saya ngga pake wedding car deh alhamdulilah hemat.
- Di dalam paketnya saya dapat 1 kamar suite yang legaaa banget. Bisa untuk persiapan makeup dan ganti baju, gegoleran dan foto-foto tentunya
- Makanannya enak dan pilihannya plus porsinya banyak. Padahal saya pesan porsi yang di pas in sama jumlah tamu. Awalnya agak ngeri tapi dengan mengucap Bismillah pilihannya ternyata bener. Makananannya ternyata sisa lumayan banyak (trus dibungkus sama sodara2 wk)
- Karena interior restonya sendiri sudah bagus, saya ngga perlu dekor interior lagi. Hanya entrance, spot buku tamu, dan backdrop buat foto karena saya ngga pakai kuade.
- Tamu dari saya dan suami kebanyakan dari luar kota. Karena tempatnya di hotel, jadinya mereka sekalian inep. Pas sarapan semacem resepsi karena ketemu lagi hihihi.
- Bisa minta early checkin kan mantennya harus dandan dulu
- Ngga di charge aneh-aneh.

- MINUS
- Parkirannya ngga besar tapi ngga kecil juga sih. Kalau ada nikahan juga di ballroom hotel, parkirannya pasti ngga muat.
- Buat yang mau ngundang banyak kayaknya ngga muat kalau di restonya. Ambil ballroom aja. Restonya hanya muat 250 orang.
- Apa lagi yaa..

Kok minusnya cuma itu aja ? hahaha tapi beneran deh kemarin saya sangat-sangat dibantu sekali dan ngga ada kendala sama sekali. So far semua orang puas dengan tempat, pelayanan dan semua akomodasi dari Hotel Mercure dan Trimurti Restaurant. I will definitely recommend this place in a heart beat. Ballroom nya juga kece kok kata Ibu aku yang pernah datang ke resepsi temannya di Ballroom Mercure Hotel. One of the best place for wedding in budget.

Love,
Szasa 

Disc : All the pictures above are not mine. Took it from Pinterest and Google

You Might Also Like

7 comments