Jogja with Toddler DAY #2

5:11 PM

Jogja pagi itu hujan. Saya mengintip dari jendela kamar hujannya lumayan deras. Hawa jadi adem karena menurut supir taksi online kemarin Jogja sudah hampir seminggu belum hujan. Alhamdulilah pagi itu Jogja hujan. Bapak dan anak masih tidur dengan pules. Hari itu kami berencana akan explore Jogja agak jauhan jadi kami butuh mobil untuk jalan-jalan. Ngga jauh-jauh banget sih hanya ke Prambanan saja dan mampir ke Warung Kopi Klotok. Tapi karena jalanannya jauh-jauhan lebih gampang kalau nyetir sendiri. Kami sewa mobil hanya untuk 12 jam saja. Karena besoknya kami harus pindah hotel lagi dan ngga terlalu butuh mobil jadi sayang kalau sewanya sampai besokannya. Jam 8 pagi kami siap-siap untuk breakfast di bawah. Hujan masih mengguyur deras sekali dan anginnya cukup kencang. Tempat breakfast jadi rame sekali mungkin karena orang-orang jadi malas cari sarapan diluar karena hujan.

Kami harus muterin tempat makan 2x sampai akhirnya dapat tempat kosong. Sarapan hotelnya lumayan banyak dan lengkap. Dzaka juga doyan dikasih makan apa saja disana. Setelah selesai sarapan kami kembali ke kamar untuk siap-siap mandi. Jam 9 pagi suami ke bawah untuk mengambil mobil yang diantar oleh pihak rentalnya. Kami sewa mobil Brio untuk 12 Jam habisnya 250ribu. Lumayan mobilnya kalau hanya untuk bertigaan saja seperti kami dan tidak ke tempat-tempat yang medannya sulit.

Setelah siap semua kami berangkat ke destinasi pertama yaitu Prambanan. Saya sudah lama ngga ke Prambanan. Terakhir pas Honeymoon tapi juga cuma di teras dan makan di restoran saja karena pas kesana kami datang kesorean. Pernah nonton Sendratarinya juga ketika jalan dengan teman-teman kuliah. Sepanjang nonton saya berusaha melek karena bener-bener sudah ngantuk dan capek sekali hiihihi, mau artsy tapi gagal.

Jalanan Jogja cukup lenggang karena hari biasa sih ya. Suami sempat beli salak pondoh dulu untuk oleh-oleh. Perjalanan dari hotel ke Prambanan memakan waktu 30 menitan saja. Di area Prambanan juga cukup sepi. Jangan lupa bawa topi dan payung ya karena panas banget. Bawa air minum juga biar ngga dehidrasi. Tiket masuk ke Prambanan satu orangnya 40ribu, anak dibawah 3 tahun masih gratis. Setelah membeli tiket kami langsung masuk ke area candi. Kawasan candi Prambanan sangat-sangat bersih dan rapih. Seingat saya dulu belum serapih ini soalnya. Kami langsung ke arah candi dan berfoto-foto. Kami ngga masuk-masuk ke dalam candi karena capek hahahaha. Bumil dan bocah ini tak bisa lama-lama kena panas, bisa tantrum. Suami juga bukan tipe yang suka penasaran masuk candi.

Kami berencana mau keliling tapi kok sepertinya jaraknya jauh sekali ya. Ternyata di sana ada kereta wisata yang bisa keliling kawasan candi. Harga tiketnya 10ribu. Pas kami tanya ternyata masih harus nunggu karena minimal yang berangkat harus 10 orang dulu. Selain kereta ada juga persewaan mobil golf, harga perorangnya 20ribu dan langsung bisa berangkat. Karena cuma beda 10ribu saja kami memilih naik mobil golf saja deh biar cepat. Setelah beli tiket kami mulai deh tour keliling kawasan candi Prambanan.

Ada mba Guide yang menyetir mobil golfnya, jadi jangan khawatir bingung. Sama mbaknya juga dijelaskan sejarah tiap candi. Saya baru ngeh kalau candi Sewu dan candi Prambanan itu berbeda. Candi Sewu itu yang dibangun Bandung Bondowoso untuk Roro Jonggrang. Kalau Prambanan malah beda 1 abad dengan Candi Sewu. Memang mending sama guide deh biar dapet ilmunya ngga cuma dapet foto doang. Mobil golfnya lewatin kandang Rusa juga. Kata mbaknya Rusanya ini hibahan dari Kebun Raya Bogor lho. Kami muterin komplek candi berakhir di pintu keluar. Lumayan ngga harus jalan jauh ke pintu keluar.

Kami nyari Musola dulu karena sudah masuk jam Dhuhur juga. Sambil nunggu gantian sholat kami lihat-lihat dagangan di sekitar situ. Suami pengen beli gasing yang ada bunyinya harganya lumayan murah 5rb an aja. Dzaka nunjuk suling dong hahaha dasar supis ya. Kalau lagi jalan kesini bisa lho dibeli dagangan ibu-ibu ini. Karena katanya pas musim liburan pun dagangannya ngga rame-rame banget juga. Harganya murah meriah juga lumayan buat oleh-oleh.

Setelah keluar kawasan Prambanan kami menuju ke Warung Kopi Klotok untuk makan siang. Setengah jam perjalanan dari Prambanan. Sepanjang perjalanan kami lihat kebun-kebun dan sawah-sawah. Jalanannya bagus ya mulus sepertinya baru di aspal. Sampai Warung Kopi Klotok Dzakanya malah tidur. Disana sudah banyak sekali yang parkir karena memang jam makan siang. Karena masih tidur jadilah Dzaka ditaruh di stroller saja dan diangkat masuk ke dalam. Wiii di dalam sudah penuh dengan orang. Semua meja sudah terisi di tempat lesehan pun juga sudah banyak orang. Suami dapet kursi perahu gitu tanpa meja. Lumayan lah daripada ngga dapet duduk sama sekali. Saya bagian antri ambil makannya. Disini ambil sendiri gitu nasi, sayur dan ikannya. Kalau telur dadarnya nanti ada spot sendiri untuk antri lagi. Menunya sederhana sekali hanya nasi putih, lodeh-lodehan ada 3 macam, sayur asem, ada tempe goreng juga dan ikan goreng. Yang paling enak katanya lodeh pakai telor dadarnya yang terkenal itu. Saya ambilin menu yang sama untuk saya dan suami. Nasi putih plus Lodeh tempe dan telor dadar. Jangan lupa pesan pisang gorengnya ya. Pesan dulu saja karena antrian nunggu pisgornya juga lumayan lama. 1 porsi isi 2 pisgor, saya pesan 2 porsi kalau 1 porsi asa kurang hhihi. Pesen pisgornya di kawasan mas-mas yang sedang goreng pisgor karena kalau pesan di mas-mas yang lewat-lewat suka ngga didengerin. Kalau pesan di spotnya bisa langsung di catat sama masnya, di piring yang diantar juga ditulis nama kita jadi lebih aman pasti dapet. Setelah dapet makanannya jangan lupa pesen minum ya, spot pesennya beda lagi. Beneran deh kalau makan disini hanya untuk yang sabar dan tidak kelaperan banget.

Dzaka ngga makan di Warung Kopi Klotok karena sepertinya menunya mayan pedes semua ya. Jadi cuma kami berdua saja yang makan. Nikmat banget padahal hanya lodeh dan telor dadar. Es tehnya saja berasa enak banget hihihi. Pisgornya juara sih pantes orang-orang pesennya banyak-banyak. Kata masnya kalau pesan mending sekalian banyak karena antrinya panjang. Saya sisain 1 pisgor untuk Dzaka pas nanti bangun biar dia bisa ngerasain juga. Disini juga kayaknya ngga bisa ngebungkus gitu soalnya di antrian bayar ada tulisan "Tidak menyediakan plastik bungkus". Jadi kalau pengen bawa pulang pisgornya jangan lupa bawa tupperware. Setelah makan, suami bagian antri bayarnya. Harus jujur ya gengs yang dimakan apa saja soalnya beneran ngga ada catetan kita tadi makan apa saja dan berapa. Harganya juga cukup murah kok. Kemarin kami habisnya 58ribuan.

Setelah makan siang dan kenyang kami mau balik hotel saja karena sudah ngantuk sekali. Dzaka bangun pas keluar dari Warung Kopi Klotok. Saya kasih pisgornya langsung diabisin sama dia, laperan kayaknya. Jalanan balik ke Hotel pas macet banget karena banyak lampu merah. Kami sempet berenti di Hokben daerah UGM dulu untuk beli makan untuk Dzaka sekalian istirahat dari macet tadi. Setelah selesai makan kami pulang ke Hotel untuk tidur-tiduran dan berenang.

Suami pengen banget berenang sore itu jadilah kami bertiga kebawah untuk main air. Karena Dzaka belum pernah berenang di air dingin dia jejeritan nangis pas di cemplungin ke air hihihi. Tapi pas lihat bapaknya berenang-renang eh dia pengen juga. Meskipun cuma dipinggiran kolam doang, lumayan berprogres. Setelah itu kedinginan doi hihihih. Puas berenang kami kembali ke hotel untuk istirahat. Masih ada waktu beberapa jam sebelum mobil dikembalikan. Saya pengen makan malam di Bakmi pak Pele di Alun-alun Utara tapi pasti antri. Suami sudah pegel semua pengen ke tempat makan yang gampang parkir dan ngga pakai antri. Saya lihat list kuliner Jogja yang saya pengen datengin ada sih resto pizza gitu, namanya Nanamia Pizzeria di Tirtodipuran. Suami setuju kesana saja karena jaraknya juga ngga terlalu jauh dari hotel.

Setelah magrib kami cuss ke Nanamia Pizzeria. Tempatnya ada bagian indoor dan outdoornya. Ada kids cornernya juga yang cukup luas dan gemes. Kami pesan Fettucini Carbonara dan Pizza Margarita Large. Pizzanya enak sekaliii. Saya sudah ngidam pizza masak tungku begini dari awal hamil tapi di Bandung belum nemu. Dzaka doyan pastanya dan pas dicobain Pizza nya eh doi doyan juga. Alhamdulilah makan malamnya sukses juga.

Masih ada waktu sejam lagi sebelum kembaliin mobil kami mau beli oleh-oleh di Jalan Mataram. Ngga tau ya saya sudah kebiasaaan dari cilik kalau ke Jogja selalu beli oleh-olehnya disini jadi tiap ke Jogja kalau mau beli oleh-oleh selalu balik kesini lagi. Ngga pernah ke pusat oleh-oleh yang laennya. Setelah selesai belanja oleh-oleh kami balik hotel.

Alhamdulilah lancar semua acara hari itu. Besok pagi kami harus checkout karena harus pindah hotel yang dekat dengan kantor suami. Jadi dinikmatin dulu kamar luasnya ya Nak hihiihi.

Candi Prambanan
Raya Solo - Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Open daily : 06.00 - 17.00

Warung Kopi Klotok
Jalan Kaliurang KM.16, Pakembinangun, Pakem, Area Sawah, Pakembinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Open daily : 06.00 - 22.00

Nanamia Pizzeria
Jl. Tirtodipuran No.1, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Open : 10.00 - 23.00
Phone : (0274) 450826

Toko Oleh-oleh Khas Jogja Bu Tini
Jl. Mataram No.194, Suryatmajan, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55213