Jogja with Toddler DAY #1

12:55 PM

Menjadi ngintil-papah-tugas-kantor club lagi kami hihihi. Suami ada tugas eh yang bener minta ditugasin acara kantor yang di Jogja. Karena kami pengen ke jogja banget setelah terakhir kesana pas honeymoon. Jogja selalu ngangenin emang. Berkali-kali kesana tetep saja nagih pengen balik lagi dan lagi. Jogja juga pas banget untuk sekedar escape for awhile. Karena si papah tugasnya sehari doang kami bertiga nambah hari di Jogja jadi 4 hari! Lumayan lama juga sih sekalian babymoon juga jadinya.

Sebenernya 2 minggu sebelum berangkat si Dzaka kena diare akut. Beneran sampe demam dan diare berkali-kali. Ngga pakai muntah sih tapi bikin berat badan si bocah terjun bebas. Padahal masih peer naikin berat badan karena kalau liat KMS sudah mulai menyentuh batas bawah, sad. Alhamdulilah beberapa hari sebelum berangkat Dzaka sudah enakan. Sudah melewati masa penyembuhan juga jadi sudah mau makan lagi, sudah ceria lagi, sudah ngga gampang senewen lagi. Mau diajak liburan masih oke anaknya.

Liburan ini seperti biasa tidak ambisius dan ngga adventurous karena bocahnya masih cilik dan gampang kepanasan plus ada bumil yang ngga bisa jalan lama-lama. Jadinya liburannya sekitaran dalam kota saja dan tempatnya gampang di datengin. Itinerary juga dibuat selonggar mungkin biar ngga keburu-buru dan bisa balik hotel buat kumpulin tenaga dan bobo cantik. Kami nginepnya di 2 hotel. Satu di deket Malioboro dan satunya agak minggir ke daerah UGM karena Suami ngantornya dekat sana. Hotel nanti di review terpisah ya Jogja series ini akan panjang hahahaha biar saya ada bahan untuk ngeblog.

Hari pertama kami berangkat dari Bandung naik kereta api. Kenapa naik kereta? karena penerbangan dari Bandung ke Jogja itu cuma ada 2 saja. Pakai maskapai L*** dan W**** plus harganya muahal. Lebih mahal daripada ke Surabaya kayaknya. Trus pesawatnya kayaknya tipe yang baling-baling juga. Karena musim hujan begini dan masih anget-anget berita kecelakaan kemarin jadinya kami agak ngeri gitu. Itung-itung berhemat dan kasih pengalaman baru naik kereta dengan durasi lumayan lama ke Dzaka. Kami pilih berangkat pagi karena biar sampe Jogjanya ngga subuh-subuh amat (sayang hotelnya kakaaa). Trus AC kereta kalau siang juga ngga dingin banget macem malam hari kan. Biar anaknya juga bisa lihat pemandangan luar. Tapi jadinya ortunya harus persiapan peralatan anti bosan buat bocahnya biar ngga tantrum karena kebosenan. Bawa cemilan banyak, bawa mainan sukaan dia, download video Paw Patrol, Poli, Nursery songs kesukaan dia. Saya sampai bikin khusus buku mewarnai dan stiker (trus lupa kebawa) kalau-kalau anaknya bener-bener sudah mati gaya kebosenan. Persiapannya matang bukan hahaha.

Jadwal keretanya jam setengah 9 pagi jadi kami cuss dari rumah jam 7an. Sudah sarapan tinggal checkin kereta saja. Stasiun Bandung hari itu ramai sekali. Mungkin karena habis long weekend ya jadi pada pulang dan pergi dari dan ke Bandung. Karena keretanya sudah datang kami langsung saja siap-siap naik ke kereta. Saya baru pertama kali naik kereta eksekutif versi terbaru. Terakhir naik kereta pas lagi hamil. Itupun cuma Jakarta Bandung saja. Kereta eksekutif yang versi lama pula. Sekarang kursi keretanya lebih nyaman ya. Gerbong kereta makan juga sangat-sangat enak buat nongkrong lama-lama.

Selama awal perjalanan Alhamdulilah belum ada drama yang berarti. Anaknya masih heboh liat keluar jendela karena masih amaze "Waaw semua gerak cepet banget" dan berkali-kali teriak "chuu chuuuuu". Liat jam ealah masih sejam perjalanan, aku pun mulai mati gaya hihiii. Ngehibur anaknya sih ngga susah susah banget. Dikasih mobil-mobilan juga dia bisa maen sendiri. Lalu kami pindah ke gerbong makan untuk nyemil-nyemil. Karena sepi kami lama-lamain nongkrong disana. Dzaka bisa duduk sendiri juga ngga dipangku atau sempit-sempitan sama ortunya. Saya pesan cappucino hangat dan suami brunch mi rebus telor. Diawal perjalanan AC gerbong saya ngga dingin, entah karena di luarnya emang panas banget atau suhu AC kurang turun. Pas di gerbong makan AC nya dingin jadi kami makhluk ngga bisa kesumuk an ini hepi.

Pemandangan luar bagus banget pas lewatin Jawa Barat. Karena seperti muterin gunung gitu kan. Saya ngga pernah naik kereta pagi soalnya, kalau malam kan ngga ada yang dilihat. Jadi terkesima sendiri sama pemandangan gunung, bukit dan sawahnya bagus banget ternyata. Bocahnya ya ngga tertarik hihihi masih belum ngerti "ini lho pemandangan alam". Dia mah yang dicari kalau ngga Bis, truk atau kereta yang lewat.

Dzaka sempet tidur siang satu setengah jam, lumayan biar ngga ada tantrum karena ngga bobo siang. Saya ngga bisa tidur karena biasanya kalau di perjalanan pagi gini saya jarang bisa tidur enak. Cuma merem-merem tapi ya ngga tidur. Kalau suami sih jangan ditanya dimanapun dia bisa pules.

Kereta sesuai jadwal sampai Jogjakarta, Alhamdulilah! I miss this city so much! Ternyata jadi makin rapih dan bagus ya stasiun Jogja. Kami keluar lewat pintu selatan lalu jalan agak menjauh dari stasiun untuk pesan taksi online. Karena katanya ngga boleh pesan taksi online di sekitaran stasiun dan bandara. Ngga sampe semenit mas Taksi online nya dateng dan membawa kami ke hotel.

Sampai di hotel dan setelah checkin kami langsung menuju kamar. Dzaka liat kasur besar langsung bobo-boboan hihihi. Karena dari tadi bobonya ngga enak kayaknya digendong dan ga bisa gegoleran. Hotelnya enakeun deh dengan rate yang ngga terlalu mahal. Meskipun kalau mau ke malioboro jauh tapi sebenernya ngga masalah juga sih. Nanti hotelnya di review selanjutnya ya.

Karena laper kami order tahu walik lewat aplikasi online. Pengennya pesen lumpia samijaya tapi antrinya 2 jam kata masnya, yawes cancel saja. Wes laper soalnya hahaha. Ternyata tahunya B aja sih apa karena kami ngga beli tahu yang merk terkenal ya??

Sebelum magrib kami sempet mampir ke indomaret buat beli susu Dzaka dan jajan-jajan buat di hotel kalau kebosenan. Jogja dibilang stroller friendly ngga juga sih ya, tapi kalau mau agak effort ya bisa saja. Kami sampai sewa stroller yang agak ringan buat travelling kali ini. Biar bawanya ngga peer banget. Strollernya enak sih dilipetnya juga gampang cuma agak berat kalau untuk ukuran stroller light travelling.

Setelah dari indomaret awalnya kami mau makan malam Bakmi Kadin tapi kok ya masih males  keluar kamar. Jadilah kami pesen gudeg yu djum lewat aplikasi online. Ealah ternyata bocahnya ora doyan. Terlalu manis apa ya. Dimakan nasinya doang. Setelah makan saya ngajak 2 orang ini buat jalan-jalan. Ya masa sudah di jogja di dalem hotel mulu, pindah bobo doang doong. Jadilah kami ke alun-alun kidul mau naik odong-odong. Kami pesan taksi online lagi untuk ke alun-alun kidul. Sampai sana waaaw terang benderang banget hihihi. Sepertinya sudah lewat musim liburannya ya jadi malam itu alun-alun ngga seberapa ramai.

Kami cobain tuh naik odong-odongnya. Harganya 50ribu satu puteran, kalau mau nambah satu puteran lagi tinggal nambah 20rb. Kami cobain seputeran dulu liat bocahnya hepi ngga naik odong-odong. Dzaka sepanjang perjalanan diem doang hahaha kayaknya bingung ini aku ngapain kenapa naik mobil terang benderang gini dan musiknya kuenceeng banget. Jadi deh dia cuma tolah-toleh bingung. Kami cuma muter sekali aja karena suami juga pegel nge goesnya hahaha. Pas turun baru areknya sadar "itu apaaa" sambil nunjuk odong-odongnya. Lah telat le hahahah.

Kami cuma sejam kurang saja disana. Ngga sempet nongkrong di angkringan-angkringam sekitaran alun-alun karena Dzaka mulai menunjukkan tanda ngantuk. Yaudah kami pesen taksi online lagi buat balik ke hotel. Kalau bawa anak cilik memang harus bisa liat kondisi dan jaga kondisi anak. Biar ngga tantrum anak dan ortunya.

Sampai hotel Dzaka on fire lagi dong. Oalah ternyata anak sama bapak sama aja ini mah. Males keluar pengen bobo cantik di hotel. Suami beli nasi goreng di depan hotel dulu untuk Dzaka karena dia tadi kan cuma makan sedikit. Jadilah kami menghabiskan malam di dalam kamar saja sambil nonton tivi.

Besok harus jalan ah, masa udah di Jogja bobo mulu.