Second Son of The Second Son

9:38 PM

Alhamdulilah Alhamdulilah Alhamdulilah.
Our second Son is safely delivered Feb, 25 2019 at 23.01 PM. Kenapa bocah2 ini selalu milih tengah malem buat lahiran. Ngga aa nya ngga adeknya sama kabeh.

Cerita awal hamil ada disini yaaa (ngga ada yg tanyaaaa). Tapi beneran deh hamil kedua ini bener-bener penuh peluh, emosi dan drama. Kan memang tiap hamil juga beda-beda ya. Ada yang smooth smooth saja, ada yang struggling dari awal. Yang penting nda perlu lah komen "ih kok gtu ya hamilnya, aku dulu dong bla bla bla". Ngga perlu bapak-bapak ibu-ibu komen begituan yang ada dirimu di tatap benci sama ibunya. So keep your opinion to yourself kecuali kalau ditanya.

Cerita lahiran kali ini ngga selama pas Dzaka lahiran. Kali ini cepet banget menurut itungan kami sekeluarga. Memang kalau menurut HPL lahiran si bayi ini udah injury time alias udah deket banget sama HPL. Agak deg-degan soalnya kan katanya kalau udah lewat HPL bakal diinduksi. Dan aku benci sekali induksi gara-gara pas lahiran Dzaka sempet diinduksi. Sakitnya pol! Jadilah demi menghindari induksi saya gerak kesana kemari, jalan pagi, "induksi alami", makan pedes, apapun yang bikin cepet lahir. Ibu dan adek saya yang cowo sudah di Bandung juga nemenin saya di rumah pas papahnya ngantor.

Perut kenceng-kenceng sih sering. Ngilu-ngilu pinggang juga sudah. Tapi kontraksinya belum dateng juga. Tanggal 25 februari jam 9an pagi saya tiba-tiba ngerasain kontraksi. Tapi karena masih belum kuat banget kontraksi nya jadi yaudah dicuekin dan ngga diitung juga durasi sama intervalnya. Tapi kok kontraksinya berulang lagi setengah jam kemudian. Wah mulai curiga ini kontraksi beneran apa ngga. Tapi saya belum ngeflek. Soalnya dulu ngeflek dulu baru kontraksi. Saya tetep mandiin Dzaka, sapu-sapu, bersih-bersih rumah seperti biasa sambil kontraksi yang jaraknya masih jauh-jauh. Pas saya mandi kontraksinya mulai menguat, wah kayaknya beneran kontraksi deh. Mulai saya itungin kontraksinya biar keliatan polanya. Masih 20 menit sekali. Saya langsung buru-buru setrika biar kalau beneran lahiran hari itu atau besok, saya ngga punya utang setrikaan hahaha.

Pas setrika kontraksinya mulai 10 menit sekali selama 40-50 detik. Saya wasap suami buat ngabarin kalau kayaknya mulai kontraksi deh. Suami mau pulang aja dari kantor tapi saya bilang ngga usah soalnya masih bearable. Mama saya juga lagi keluar sama temennya dan berencana inep di rumah temennya. Belum saya kabarin sih takutnya kontraksinya masih palsu. Kontraksinya mulai pelan-pelan menguat tapi saya masih masak dulu dan masih cebokin bocah e sambil sakit sepinggang punggung semua yaaampun.

Pas jam 2an kontraksinya ilang aja gitu pas saya lagi istirahat duduk-duduk. Tapi pas ashar balik lagi kontraksinya dan mulai kerasa sakit banget. Saya sholat Ashar pake posisi duduk jadinya gara-gara kalau bungkuk makin kerasa kontraksinya. Kontraksinya mulai 8 menit sekali sekarang. Saya mulai hubungin Mama saya kalau saya mulai kontraksi. Biar Mama saya ngga nginep rumah temennya. Mama saya mau pulang langsung saat itu juga tapi saya bilang ntar aja gapapa. Jadi Mama saya abis magrib baru pulang dari rumah temennya.

Setengah 6 sore kontraksinya mulai teratur durasi sama intervalnya. 6-7 menit sekali selama 50 detik-1 menit an. Saya mulai beres-beres barang buat dibawa ke RS. Suami nyaranin besok pagi aja ke RS nya. Tapi feeling saya pengen ke RS malem itu juga. Pengen tau saja sudah bukaan berapa biar ada persiapan. Jam 9an malem kontraksinya mulai 5 menit sekali. Saya bilang ke suami mau ke RS saja sekarang. Gapapa sama Mama aja biar suami dan Dzaka di rumah dulu. Tapi suami pengen ikut aja. Jadilah ke RS bareng suami, Dzaka dan mama saya.

Untunglah RS nya deket sama rumah jadi cepet sampenya ngga pakai macet juga. Sampe RS saya ke IGD duluan soalnya Mama sama Suami plus Dzaka cari parkiran dulu. Sambil sakit nahan kontraksi saya ke IGD sendiri. IGD nya penuh sekali malem itu. Banyak anak-anak cilik lagi sakit huhu kasian. Sama dokter jaga langsung disuruh ke lantai 2 ke ruang bersalin saja karena IGD nya lagi penuh. Saya di suruh duduk di kursi roda sama suster buat dianter ke lantai 2. Ibu saya baru nyusul pas saya keluar dari IGD. Sama susternya disuruh ngurus pendaftaran IGD dulu. Saya sendirian ke ruang bersalin ditemenin suster.

Sama bidan (atau suster ya?) Saya di tensi, di NST juga. Pas NST kan sempet kontraksi tuh, si bayi tiba-tiba jantungnya turun banget. Langsung deh si suster (atau bidan) nelpon Obgyn saya sambil panik. Setelah telpon obgyn saya dikasih tau kalau harus cepet lahir soalnya takut gawat janin. Jadi harus di SC. Whaaaat saya ngga ada persiapan blas buat operasi kan. Mana suami masih di luar ruangan bersalin soalnya bawa Dzaka. Saya udah ditemenin Mama saya. Saya bingung dong tapi ya gimana kalau emang emergency. Tapi kata suster(atau bidan) di cek dalem dulu saja. Kalau bukaannya masih di awal harus langsung dioperasi. Saya pasrah saja pas itu. Dicek dalem si suster langsung kaget trus bilang ke suster yang lain, "udah 8". Masya Allah ternyata saya sudah bukaan 8. Susternya tanya ke saya "Ibu ngga kerasa???". Saya bilang soalnya belom ngeflek jadi ngga dikira kontraksi beneran.


Langsung deh yang harusnya ruangan persiapan jadi ruang bersalin emergency. Semua suster gedubrakan nyiapan persalinan. Sibuk banget langsung semua. Obgyn saya sudah otw juga katanya. Saya disuruh ganti baju kimono dari RS. Saya disuruh baring di kasur buat di pasang infus. Ngga lama obgyn saya datang. Obgyn saya ini orangnya tenaang banget. Ngga pernah bikin panik, yang ada bikin tenang selalu. Saya sama dr. Leri Septiani di RSIA Grha Bunda Bandung. Yang bikin panik malah ibu saya. Karena pertama kali nemenin di ruang bersalin jadi Mamaku ini keliatan banget paniknya. Kepala sama tangan saya dipegangin terus pas obgyn saya mecahin ketuban biar bisa cepet dipandu ngeden. Saya jadinya malah yang sibuk nenangin Mama saya biar ngga panik sendiri hahaha.

Ngga lama Mama saya keluar ruang bersalin digantiin suami. Karena suami saya pengen nemenin saya lahiran. Dzaka ditinggal di luar ruang bersalin, di golerin di kasur pasien yang lagi nganggur sambil disetelin yutubkids biar anteng. Dzaka masih ngga mau dipegang sapa-sapa kecuali bapak ibunya. Jadinya sama Mama saya cuma diliatin dari jauh saja. Yang penting ngga nangis pas ditinggal kami berdua.


Di ruang bersalin semua sudah siap proses lahiran. Dokter anak pun nungguin saya lahiran karena pas banget baru selesai jam praktek beliau. Kandung kemih saya dikosongin dulu biar nggak muncrat pipis. Saya disuruh ngeden kalau kontraksinya datang. Tapi pas kontraksi datang yang ada saya mual banget. Kata obgyn saya memang gitu soalnya asam lambung ikut naik pas kontraksi jadi bikin mual. Saya sempet muntah 2x pas kontraksi dan ngga jadi ngeden. Sempet minum air putih dulu ditengah-tengah proses ngeden. Pas kontraksi datang saya disuruh ngeden sampai 15 detik. Diitungin gitu sama suster dan bidan yang nemenin saya. Tapi kontraksi saya belum "greng" kata mereka. Soalnya saya suka berenti sebelum hitungan 15 detiknya selesai. Kayaknya ada deh 20 menit saya ngeden-berhenti-ngeden-berhenti terus-terusan. Napas saya pendek sih jadi ngga kuat ngeden lama gitu. Harusnya sekali kontraksi bisa 3x ngeden katanya.

Saya sudah ngga kuat trus minta vacuum aja hahahaa lemah ya. Sama obgyn dan semua yang ada di ruangan itu bilang 'ngapaiiin!!". Kata mereka bisa pasti bisa semangat bu. Yaampun staff RSIA Grha Bunda baik-baik bangeeet. Saya sempet tanya juga "sampe kapan dok ini" saking sudah kepayahan. Sama obgyn saya dijawab "sampe lahir bu saya tungguin. Semangat ya". Akhirnya setelah setengah jam ngeden dan pas jam 23.01 bayinya lahir juga. Alhamdulilah Allahu Akbar!!!!

Saya akhirnya ngerasain lahiran tanpa induksi, tanpa vacuum, semua spontan. Huaaa aneh sekali rasanya "ngeluarin" bayi hahahaha. Suami saya yang lihat prosesnya dari baru keliatan rambutnya sampe keluar seluruh badan bayi sampe takjub. Pas Dzaka ngga keliatan soalnya kan di vacuum. Bayinya Alhamdulilah langsung nangis kenceng dan langsung di cek sama dokter anaknya. Setelah selesai di cek dikasiin ke saya untuk proses IMD. Waktu IMD itu saya sedang dijahit juga karena ada robekan kecil.

Saya sapa bayiku ini "Assalamualaikum Kahfi" tapi tanpa terharu-haru gitu sih. Cuma perasaan lega saja akhirnya hampir 40 minggu hamil penuh drama semua kebayar bayinya lahir sehat, selamat, lancar, Alhamdulilah. Bersyukur banget proses melahirkan kali ini ngga selama pas lahiran Dzaka. Dimudahkan sekali sama Allah. Suami saya keluar ruang bersalin pas saya sedang IMD buat balik ke Dzaka soalnya bocahnya nangis sadar papahnya hilang hihihi.

IMD nya hampir sejam kalau ngga salah tapi bayiku ora iso nemuin nen nya hahaha. Malah ketiduran sambil ileran semuka-muka. Trus diambil sama suster buat ditimbang dan di observasi lagi. Setelah selesai dijahit, saya disuruh menunggu selama 3 jam untuk diobservasi. Takutnya ada pendarahan atau komplikasi setelah melahirkan. Jadilah saya nungguin selama 3 jam sambil ngantuk-ngantuk karena memang sudah tengah malam. Suami dan Dzaka sudah pulang ke rumah daritadi. Kasian Dzaka nongkrong kelamaan di RS. Baru sembuh juga batpilnya. Mama dan adik saya yang nungguin saya di RS.



Setelah selesai observasi dan saya sudah bisa pipis, akhirnya si bayi dianter lagi ke saya buat disusuin. Alhamdulilah langsung lancar nyusunya. Alhamdulilah ASI saya juga sudah keluar  juga. Kayaknya masih sisa nyapih Dzaka 2 bulan lalu. Sejam kemudian si bayi dibawa lagi sama suster untuk diobservasi lanjutan. Katanya baru paginya diantar ke saya lagi. Obgyn saya pamit pulang juga. Katanya "bu kalau lahiran lagi ke RS nya jangan pas bukaan 10 ya" hahahaha. Okesip dook. Setelah itu saya dipindah ke kamar rawat sama suster. Setelah semua settle, Ibu dan adik saya pulang ke rumah. Jam menunjukkan pukul 5 subuh tapi saya ngga bisa tidur. Kayaknya sudah kelewat ngantuknya. Sampai jam 6 pagi saya baru ketiduran kayaknya.



 


Alhamdulilah lahiran kali ini ngga terlalu lama ngerasain kontraksinya. Ternyata ngga perlu pakai ngeflek dulu kontraksi beneran itu (CATET!). Pas juga Mama dan adik saya sudah di Bandung. Rencana aslinya baru tanggal 28 ke Bandungnya. Dzaka pas banget sembuh batpil yang bikin sumeng dan mogok makan beberapa hari. Pas lahiran adiknya sudah enakan meskipun masih ingusan dikit. Suami juga sangat-sangat helpful dan pas ngga terlalu sibuk di kantor. Sempet ngeri juga suami saya ngga bisa nemenin lahiran karena harus jaga Dzaka. Tapi bocahnya sholeh bageur masih mau ditinggal bentar. Si Aa Dzaka nungguin adeknya lahiran deh jadinya. Dokter dan semua staff di RSIA Grha Bunda juga sangat-sangat helpful dan baiiik plus sabaaaar sekali. Bikin yang lahiran ini rileks dan ngga stress sendiri. Thanks a bunch!!!

Sekarang masih proses adaptasi beranak dua. Masih kena hormon-hormon baru melahirkan yang bikin galau dan nangis tanpa sebab hahaha. Bismillah yaaaa...



Muhammad Kahfi Firdaus Abrizam. Lahir di Bandung, 25 Februari 2019 jam 23.01. semoga jadi anak sholeh, sehat, pintar, sabar dan nyusunya josss. Aaamiiin


Love, 
Szasa

You Might Also Like

2 comments