Dzaka VS Makan

8:25 PM

Kali ini saya mau curhat, karena barusan saja bocahnya nolak makan untuk kesekian kalinya. Saya tau kalau istilah GTM atau anak ngga mau makan adalah masalah ibu-ibu sedunia. Ngga semua Ibu dikaruniai anak yang doyan makan pake banget, sampai lahap atau minta nambah. Saya suka kesel kalau ada yang ngepost anaknya makan sampai lahap atau dibilang "ini minta makan sendiri lho, sampai harus saya stop", What the! Bagaimana bisa anak-anaknya minta makan, lha anak saya harus dipaksa atau di bujuk sampai jungkir balik biar bisa makan satu suap pun. Biasanya langsung saya unfollow deh hahaha biar jiwa saya ngga pusing mulu.


Dzaka ngga suka makan sejak MPASI pertama kali. Sampai saya bingung ini salah saya yang kasih makan atau memang anaknya aja yang ngga suka makan. Semua menu dicoba, semua tekstur sudah digonta-ganti, semua cara tips di dunia maya sampai kata orang sudah saya praktekkan. Tapi hasilnya ya ngga doyan-doyan amat makannya. Hari ini kayaknya hampir 2 minggu kalau disodorin sendok pasti nolak. Kemarin dikasih mi instan pro**na masih masuk, tapi kayaknya bikin dia kembung karena ngga makan berat dan berujung muntah-muntah. Saya sampai heran, ngga laper apa ya? Saya praktekkin kata buibu netijen, dibuat laper aja. Saya ngga kasih apapun, ASI pun ngga, hasilnya anaknya ngamuk nangis-nangis hiteris karena ngga dibolehin nen. Suami bilang yaudah gapapa, biarin yang penting sehat. How do i  know if he's fine and healthy? ngga ada asupan yang masuk kecuali ASI dan jajan puff nya.

Sudah curhat ke DSA katanya sih beratnya masih normal di KMS. Menurut saya itu gara-gara tabungan berat badan yang dulu-dulu kan bocahnya montok banget tuh, sampai hampir batas atas di garis hijau. Saya disuruh nyari anaknya suka apa, disuruh kasih semua yang berlemak dan bersantan apapun yang dia suka. Lha anaknya dikasih apapun ngga mau. Hari ini mau, besok-besoknya ngga mau lagi. Jadi saya masih belum nemu makanan kunci anti GTM nya. Yang saya tahu dia ngga pernah nolak ASI dan jajan puff plus mi instan pro**na.

2 hari lalu saya sampai nangis-nangis mohon ke anaknya buat makan. Literally nangis drama berderai-derai sampai tercekat semua. Karena saya sudah hampir dititik batas mau menyerah dan pengen ngantor aja hahahaha. Jahat ya kelihatannya. Soalnya kalau jam makan yang ada saya kesel dan emosi sendiri. It's like contant battle during eat time. Kalau dia ngga mau makan yaudah saya biarin aja. Tapi ya itu berlanjut sampai makan malam dan besokannya besokannya, ngga makan.

Saya ngga tau ini hanya fase atau ngga (semoga cuma fase), sudah dicoba semua cara, kurang dicekok aja ini yang belum dicoba. Saya sampai sudah berencana setelah lebaran ini mau "mencekok" anaknya, kali aja manjur. Minyak ikan, minyak telon bayi yang di klaim bisa menambah nafsu makan ya ngga ngaruh ke anaknya. Banyak yang bilang mungkin karena nyusunya kuat. Sempat berpikir apa disapih lebih awal saja agar anaknya makan dan tidak nyusu. Kata suami jangan karena belum 2 tahun. Tapi masa mau ngga makan terus,

I feel like i'm a failure. Berat badan anaknya turun terus 2 bulan ini. What have i done? what should i do?

Love,
Szasa

You Might Also Like

0 comments

Instagram

Pinterest