Singapore with toddler - DAY 1 - Orchard & Merlion

4:59 PM

Hari yang ditunggu tibaaa!! Excitednya sudah dari beberapa minggu sebelum berangkat masa hahaha. Gapapa yang penting ucapkan Alhamdulilah bisa liburan lagi. Hari ini rencana cuss dari rumah abis subuh karena flight nya jam 8.40 pagi. Jam 4 subuh saya sudah bangun dan langsung mandi. Subuhan terus bangunin suami. Semua barang sudah siap tinggal angkut aja. Sarapan di bandara karena malas ada cucian piring dan harus masak subuh-subuh. Dzaka kebagian dibangunin paling akhir. Karena memang ngga pakai mandi jadi langsung angkut saja habis diganti diaper sama bajunya.

Jam 5 lebih order taksi online karena masih pagi jalanan masih lenggang sih, sampai bandara 30 minit saja. Karena sudah check in online jadi ngga terburu-buru buat masuk ke dalam bandara. Waktu kami datang antrian masuk bandara panjaaaang sekali, kayaknya orang-orang yang ngejar flight ke KLIA. Kami sarapan di kopitian bandara yang saya lupa namanya hihi, Solarianya belom buka sih. Setelah sarapan kami masuk ke bandara. Kami hanya bawa cabin baggage jadi langsung saja deh ke masuk ke bagian imigrasi. Alhamdulilah semua lancar sampai di Waiting Room. Ternyata bagian penerbangan international bandara Bandung lebih kicik ya daripada yang Domestik. Kata suami ini yang bandara lamanya.

Lumayan nunggu agak lama buat dipanggil boarding karena kami datangnya kepagian. Sempet cobain nursing room di Bandara. Lumayan lega, meskipu kursinya hanya 1 doang. Ada changing stationnya, wastafel dan dispenser air panas. Nursing roomnya ada di bagian belakang bandara, sepertinya ini masih baru soalnya sepi banget areanya.

Jam setengah 9 lebih panggilan boarding datang. Kami siap-siap untuk boarding dan ngelipet stroller. Strollernya diberikan ke petugas di bawah pesawat yang bagian masukin bagasi ke pesawat. Diawal flight si Dzaka bangun terus, masih adaptasi sepertinya lihat-lihat sekitar. Masih ngga mau disusuin juga, jadi pas take-off saya suapin snacknya dia saja. Sempet kebosenan, dan Alhamdulilah kursi bagian tengah kosong, jadi si bocah bisa duduk sendiri ngga dipangku-pangku terus. Di tengah-tengah bocahnya ngantuk, minta susu trus molor sampai dekat waktu landing.

Alhamdulilah landing di T4 dengan mulus. Agak lama mutar-mutar cari ramp nya kayaknya. Oiya, terminal 4 ini ngga ada skytrain nya btw. Ini juga pertama kali saya turun di T4, biasanya kan di T2. Karena kami akan naik MRT yg di T2, jadi kami harus naik bis dulu buat ke T2. Hotel kami ada di daerah Kitchener rd, dekat City Square Mall. MRT paling dekat di Farrer Park. Lumayan jauh dan ganti line 2 kali deh kalau dari Changi. Dari Changi ambil jalur ke tanah merah. Lalu ganti jalur hijau ke arah Tuas Link turun di Outram Park. Di Outram Park naik yang kearah Punggol turun di Farrer Park. Almost spent 1 hour buat sampai di hotel. Mana sudah ngga pernah jalan kaki jauh dan lama ya, jadi saya cuapek sekali ahahaha. Kelamaan jadi princess maennya cuma ke mall doang.

Sampai hotel, checkin trus bobo-boboan. Beneran deh Dzaka sama bapaknya langsung molor kena kasur. Yang lain udah siap-siap jalan ke Orchard terus lanjut ke Merlion Park. Kami nyusul saja jadinya, Dzaka belum bangun plus belum mandi. Jam setengah 6 terpaksa dibangunin bocahnya soalnya ya kali ngga jalan-jalan. Abis mandi langsung cuss ke Farrer Park MRT buat ke Orchard.

Farrer park ini MRT nya ada di dalam City Square Mall. Jadi enaknya deket sama makanan-makanan. Ada Fair Price juga, plus banyak makanan halal di mall nya. Karena kami mau ke nyusulin yang lain di Orchard yang lagi nongkrong di depan Paragon Mall, jadilah kami turun di Sommerset. Ternyata pas sudah sampe sana, yang lain sudah cabut ke Merlion. Yaawes daripada sia-sia sudah di Orchard, kami bertiga foto di depan plang jalan Orchard, jalan sekitar 5 menit terus balik ke MRT lagi buat ke Merlion. Dari Sommerset kami naik MRT turun di Raffles City.

Meskipun sudah pernah ke SG sebelumnya tapi saya ngga pernah foto depan palang jalan Orchard. Foto depan Merlion pun tak pernah hahaha. Soalnya macem "kurang penting". Tapi ya karena rombongan jadinya kita mah ngikut saja.

Sampai di Raffles City ternyata jalan ke Merlion park masih juaauuuhhhh. Versi jauh saya ini jangan disamakan dengan anda-anda yang jago jalan cepat, dan tidak mempunyai kaki lebih kicik dari badan. Dan waktu itu saya bener-bener lagi dehidrasi, bawaannya lemees banget. Si bayi juga nolak nyusu, jadilah bengkak juga PD saya. Pengen balik ke hotel aja deh itu beneran. Tapi kan sayang ya sudah jauh-jauh begini. Oh dan lagi kami belum makan siang, karena ketiduran hihi. Tapi Dzaka ngga rewel sih, udah saya kasih cemilan dan makanan instan juga. Cuma lagi ngga mau nyusu aja kan ibuk sedih dan sakit (PDnya).

Sampai di Merlion, akhirnya ketemu tuh sama rombongan. Foto-foto bentar trus kami bertiga misah lagi buat cari makan malem. Maunya makan di Makansutra.Gluttonbay Di daerah marina. Tapi kayaknya kami ngga beruntung nemu tempatnya. Dekat Merlion jarang makanan halal ya. Jadilah kami bertiga memutuskan balik saja ke hotel, cari makan di City Square Mall.

Sampai City Square langsung menyerbu Kaepci karena halal. Ngga nyari-nyari atau coba-coba yang laen dulu karena sudah kelaperan. Saya ditawarin ina inu sama mas-mas kaepci saya jawab yes yes ae biar cepet. Kami makan semacem ngga napas hahaha dan kaepci nya berasa enak banget. Dzaka aja sampe abis banyak juga, rekor. Besokannya beli kaepci lagi rasanya B aja hihihi soalnya ngga laper-laper banget.

Abis makan malam, kami langsung ke kamar hotel trus tidur pulas. Soalnya besok mau main ke USS, jadi harus dengan hati riang gembira.